Posted by : Nur Rokhman Kamis, 06 Oktober 2016

Kompetisi di bisnis streaming musik yang kian ketat dikabarkan membuat Spotify bersiap mengakuisisi SoundCloud. Lewat akuisisi ini, layanan asal Swedia itu disebut-sebut ingin memperbesar konten di layanannya. Spotify sedang dalam proses negosiasi untuk membeli platform musik digital SoundCloud. Pembelian ini disinyalir sebagai langkah perusahaan memperkuat diri seiring persaingan dengan Apple. Sumber internal menyebutkan bahwa besaran dana yang disiapkan oleh Spotify masih misterius. Negosiasi pembelian ini pun tampaknya masih panjang dan bisa saja mendadak batal terwujud.

SoundCloud sendiri baru saja mendapatkan pendanaan 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1.2 triliun pada Juni lalu. Valuasi terakhir mereka ada di kisaran nilai 700 juta dollar AS atau setara Rp 9 triliun. Baik Spotify maupun SoundCloud belum mengeluarkan pernyataan resmi atau jawaban apa pun terkait dengan isu ini. Informasi yang Mengenai pembicaraan antara Spotify dan SoundCloud mengemuka seiring dengan ekspansi Apple dan Amazon ke dalam industri musik.

Seperti diketahui, kedua raksasa yang disebut belakangan baru saja meluncurkan platform musik masing-masing. Efeknya memaksa para pemain independen untuk berkonsolidasi supaya bisa tetap bertahan. September ini Spotify telah berhasil mencatatkan total 40 juta orang pengguna yang rela membayar biaya mingguan. Angka tersebut sementara ini lebih unggul dibandingkan Apple Music yang baru mencapai total 17 juta pengguna.

Sedangkan SoundCloud merupakan platform komunitas pecinta musik yang beranggotakan 200 juta orang dan menyimpan sekitar 135 juta judul lagu. Sayangnya, meski punya pengguna sebesar itu, SoundCloud sama sekali belum menghasilkan untung. Sebelumnya, Spotify sudah pernah mengajukan negosiasi untuk membeli SOundCloud, tepatnya pertengahan awal tahun 2015. Namun negosiasi itu berujung buntu karena keduanya tak menemukan harga yang disepakati.

Namun Spotify diprediksi tak akan terburu-buru mengambil keputusan itu, mengingat masih akan fokus pada IPO-nya. Kedua perusahaan juga masih enggan berkomentar mengenai rumor ini.

Di sisi lain, SoundCloud belum berhasil menemukan model bisnis yang sukses untuk dirinya sendiri, di mana perusahaan terus-menerus melaporkan kerugian selama bertahun-tahun. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Unduh Adobe Flash player

Recent Post

Popular Post

Labels

5G (2) ads (2) AI (2) Blogspot (7) CodeIgniter (1) CyberCrime (6) daihatsu (1) database (9) delphi (6) download (1) ebook (3) entertainment (7) facebook (2) Film (1) firefox (1) flashdisk (1) google (2) islam (5) IT (22) keamanan komputer (9) komputer (31) mediafire (1) microsoft (5) multimedia (5) mysql (1) OpenAI (1) OS (5) pemrograman (3) Photography (1) php (4) phpmysql (1) postgreSQL (2) seo (2) teknologi (24) teknologi hijau (1) Telekomunikasi (6) tips dan trik (27) tokoh islam (4) Umum (16) windows (11) wisata (1)

Followers

Google+ Google+ Follow Twitter Add Facebook RSS FEED email
Diberdayakan oleh Blogger.

-- Copyright © 2016 Beluluk - Powered by Blogger --