Posted by : Nur Rokhman Sabtu, 08 Oktober 2016



Port scanning adalah sebuah aktivitas untuk mendapatkan informasi yang menyeluruh mengenai status port (biasanya port TCP) pada sebuah host. Dengan port scanning, seseorang dapat mengetahui port-port mana saja yang terbuka pada sebuah host. Salah satu tools yang umum digunakan untuk keperluan port scanning adalah nmap.
Secara
 default, jika dijalankan oleh user biasa, Nmap akan melakukan scanning dengan
menggunakan TCP connect() pada sebuah host (berarti koneksi TCP benar-benar terjadi dengan melalui three-way handshaking). Hal ini perlu diingat karena kemungkinan besar, upaya port scanning akan dicatat pada log host tersebut. Nmap juga dapat digunakan untuk menebak sistem operasi dan jenis perangkat yang digunakan pada sebuah host. Karena deteksi sistem operasi membutuhkan operasi TCP fingerprinting, maka nmap harus dijalankan oleh superuser. Serta  nmap dapat menebak bahwa sistem operasi yang digunakan padahost tersebut adalah Linux dengan perkiraan versi kernel seperti di atas. Sangat penting bagi seorang administrator untuk menguasai penggunaan tools port scanning seperti nmap untuk dapat menguji keamanan sistem sendiri.

nmap
Nmap di rancang untuk memungkinkan seorang sistem administrator atau perorangan yang iseng untuk melakukan scan jaringan yang besar, melihat mesin yang sedang beroperasi & servis yang mereka berikan. Cukup banyak teknik scan yang diberikan oleh nmap seperti UDP, TCP connect(), TCP SYN (half open), ftp proxy (bounce attack), Reverse-ident, ICMP (ping sweep), FIN, ACK sweep, Xmas Tree, SYN sweep, dan Null scan. Di samping itu, nmap juga memberikan banyak fitur seperti remote OS detection via TCP/IP fingerprinting, stealth scanning, kalkulasi dynamic delay & retransmission, parallel scanning, detection of down hosts via parallel pings, decoy scanning, port filtering detection, direct (non-portmapper) RPC scanning, fragmentation scanning, dan spesifikasi yang flexible dari target & port.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Unduh Adobe Flash player

Recent Post

Popular Post

Labels

5G (2) ads (2) AI (2) Blogspot (7) CodeIgniter (1) CyberCrime (6) daihatsu (1) database (9) delphi (6) download (1) ebook (3) entertainment (7) facebook (2) Film (1) firefox (1) flashdisk (1) google (2) islam (5) IT (22) keamanan komputer (9) komputer (31) mediafire (1) microsoft (5) multimedia (5) mysql (1) OpenAI (1) OS (5) pemrograman (3) Photography (1) php (4) phpmysql (1) postgreSQL (2) seo (2) teknologi (24) teknologi hijau (1) Telekomunikasi (6) tips dan trik (27) tokoh islam (4) Umum (16) windows (11) wisata (1)

Followers

Google+ Google+ Follow Twitter Add Facebook RSS FEED email
Diberdayakan oleh Blogger.

-- Copyright © 2016 Beluluk - Powered by Blogger --