Posted by : Nur Rokhman Rabu, 12 September 2012

Tak kenal maka tak sayang, demikianlah pepatah mengatakan. Begitu juga dalam belajar bahasa pemrograman, tentu saja sebelum kita membuat program dengan bahasa pemrograman tersebut, yang harus kita lakukan dahulu adalah mengenal apa dan bagaimana bahasa pemrograman tersebut.

Oleh karena itu, mengacu atas matakuliah Pemrograman Visual yang disini menggunakan delphi makanya sambil  tentang Delphi dengan maksud untuk mencoba mengenal kemudian mengenalkan kepada pembaca terutama yang masih awam dengan Delphi untuk lebih mengenalnya.

Apa itu Delphi

Delphi adalah salah satu bahasa pemrograman berbasis visual yang digunakan untuk membuat program aplikasi pada komputer (seperti Visual basic). Bahasa pemrograman yang digunakan oleh Delphi sebenarnya merupakan turunan dari bahasa pemrograman pascal, yang dahulu pada Delphi dikenal sebagai objek pascal. Bagi Anda yang telah mengenal bahasa pemrograman pascal, maka mungkin Anda tidak akan terlalu kesulitan dalam mempelajari Delphi.

Delphi relatif lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, disamping itu banyak referensi terutama dalam bentuk buku yang membahas tentang bahasa pemrograman ini. Delphi telah terbukti mampu menghasilkan software-software yang berkualitas, baik yang berskala besar maupun kecil, teknologi yang digunakan pada Delphi pun cukup uptodate.

Sampai saat ini, Borland sebagai perusahaan pembuat Delphi, terus menyempurnakan Delphi mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. Hal ini menjadikan Delphi sebagai salah satu pilihan utama yang cukup banyak digunakan oleh para programmer di Indonesia khususnya, sebagai tools dalam proyek pengembangan software.

Versi dari Delphi yang digunakan sebagai acuan dari DFN ini adalah Borland Delphi Versi 7, namun meskipun demikian Anda bisa menggunakan Delphi versi lainnya, karena relatif hampir sama. Penggunaan Delphi 7 bukanlah tanpa alasan ? namun Delphi 7 merupakan versi yang cukup stabil bila digunakan di Windows 98, 2000, XP, bahkan Vista dibandingkan dengan Delphi Versi lainnya. Meskipun belum ada riset tentang hal ini, namun beberapa programmer Delphi mengakuinya termasuk saya hehehe.

Jika Anda pemula, Delphi 7 sudah lebih dari cukup untuk belajar hingga mengembangakan aplikasi selanjutnya, Apalagi dengan IDE yang relatif simple, lho apa tuh IDE? Baca lanjutannya di topik berikutnya.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. kita juga punya nih artikel mengenai borland delphi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3187/1/PESAT%202005%20_psikologi_003.pdf
    semoga bermanfaat

    BalasHapus

Unduh Adobe Flash player

Recent Post

Popular Post

Labels

5G (2) ads (2) AI (2) Blogspot (7) CodeIgniter (1) CyberCrime (6) daihatsu (1) database (9) delphi (6) download (1) ebook (3) entertainment (7) facebook (2) Film (1) firefox (1) flashdisk (1) google (2) islam (5) IT (22) keamanan komputer (9) komputer (31) mediafire (1) microsoft (5) multimedia (5) mysql (1) OpenAI (1) OS (5) pemrograman (3) Photography (1) php (4) phpmysql (1) postgreSQL (2) seo (2) teknologi (24) teknologi hijau (1) Telekomunikasi (6) tips dan trik (27) tokoh islam (4) Umum (16) windows (11) wisata (1)

Followers

Google+ Google+ Follow Twitter Add Facebook RSS FEED email
Diberdayakan oleh Blogger.

-- Copyright © 2016 Beluluk - Powered by Blogger --