Posted by : Nur Rokhman Minggu, 15 Juli 2012

Backup dapat diartikan sebagai proses membuat salinan data sebagai cadangan saat terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibuat disebut dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup diantaranya, mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.

Restore dan recovery adalah proses penting setelah backup. Backup akan menjadi sia-sia bila proses pengembalian dan perbaikan data sistem sulit dilakukan. Untuk mencapai tujuan ini ada beberapa pendekatan yang harus diperhatikan, yaitu proses backup harus dilakukan dengan aturan yang jelas, hindari membackup dengan sembarangan dengan tidak terstruktur. Selain itu, banyak software yang ada di pasaran (baik gratis maupun berbayar) yang memberikan kemudahan backup data. Dengan software yang sama biasanya proses restore dan recovery data akan lebih mudah dilakukan. Beberapa software backup memiliki fasilitas penjadwalan otomatis proses backup. Fitur ini sangat bermanfaat untuk digunakan karena menjamin proses backup selalu dilakukan dengan teratur.


Proses restore database pada postgres dengan PgAmdin hanya bisa dilakukan dengan PgAdmin versi yang lebih tinggi. Misalnya saya membackup database menggunakan PgAdmin 1.8 maka PgAdmin 1.6 tidak bisa melakukan restore.

Salah satu cara untuk melakukan backup dan restore tersebut adalah dengan menggunakan command line yang terdapat pada postgresql.

C:\Proggram File\postgresql\8.4\bin>pg_dump.exe -h localhost -p 5432 -U postgres -F c -b -v -f “D:\admin\namadatabase.backup” “namadatabase”
ketikan perintah tersebut pada command line Windows. Untuk merestorenya ketikan perintah sebagai berikut :


C:\Proggram File\postgresql\8.4\bin>pg_restore.exe -h localhost -p 5432 -U postgres -d “dbrestore” -v “D:\admin\dbrestore.backup”


Masalah backup dan restore berjalan dengan baik. Kemudian Anda tidak perlu menggunakan PgAdmin untuk melakukan Backupnya...

Sekian dulu...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Unduh Adobe Flash player

Recent Post

Popular Post

Labels

5G (2) ads (2) AI (2) Blogspot (7) CodeIgniter (1) CyberCrime (6) daihatsu (1) database (9) delphi (6) download (1) ebook (3) entertainment (7) facebook (2) Film (1) firefox (1) flashdisk (1) google (2) islam (5) IT (22) keamanan komputer (9) komputer (31) mediafire (1) microsoft (5) multimedia (5) mysql (1) OpenAI (1) OS (5) pemrograman (3) Photography (1) php (4) phpmysql (1) postgreSQL (2) seo (2) teknologi (24) teknologi hijau (1) Telekomunikasi (6) tips dan trik (27) tokoh islam (4) Umum (16) windows (11) wisata (1)

Followers

Google+ Google+ Follow Twitter Add Facebook RSS FEED email
Diberdayakan oleh Blogger.

-- Copyright © 2016 Beluluk - Powered by Blogger --