Posted by : Nur Rokhman Rabu, 17 Februari 2016

1. Lensa Macro Untuk HP

Pastikan Aplikasi kamera memiliki fitur macro, bila tidak gunakan lensa macro tambahan dan  tertempel sempurna di belakang lensa ponsel anda. Pastikan juga lensa bersih dari debu, minyak, atau kotoran-kotoran yang lain. Jika lensa anda kotor, bersihkan terlebih dahulu karena akan mengurangi ketajaman foto dan juga hasil foto macronya kurang baik.

2. Settingan pada Kamera Hp
  •  Setting focus pada mode infinite, jika HP anda tidak mempunyai fitur infinite, Anda bisa menggunakan mode landscape. Intinya jangan menggunakan pilihan auto focus.
  • Untuk metering mode, pilih mode spot. Agar pencahayaan bisa terpusat ke area yang dituju saja (abaikan metering mode jika hp anda tidak mendukung fitur ini). Baca tentang artikel Memahami Arti dan Fungsi Metering.
  • Setting resolusi kamera anda pada resolusi tertinggi. Pengaturan resolusi tinggi sangat berguna saat anda melakukan edit cropping agar hasil foto tidak akan pecah waktu dicropp.
3. Pencarian Focus

Seperti definisi fotografi macro yang lebih menonjolkan detail dari objek, untuk itu saat memotret makro menggunakan HP aturlah jarak fokus ke objek yang akan difoto. Lensa macro untuk ponsel memiliki jarak titik fokus tertentu. Carilah titik focus tersebut dengan memaju mundurkan HP Anda. Dengan memaju mundurkan hp ini, bisa ditemukan titik focus yang tepat. Inilah fungsi setting mode infinite pada hp. Fokus ditentukan dengan mengatur jarak dengan objek. Jika focus sudah didapatkan, pencet sutter kamera hp anda.

4. Pencahayaan Yang Tepat

Dalam dunia fotografi, cahaya adalah hal terpenting selain teknik fotografi sendiri. Saat memotret macro dengan HP pastikan pencahayaan ke objek mencukupi untuk mendapatkan exposure yang tepat. Cahaya yang paling bagus adalah pencahayaan alami dari cahaya matahari. Selain itu, pilihlah waktu yang tepat untuk mendapatkan cahaya yang tepat. Karena pencahayaan ini sangat berpengaruh pada hasil akhir foto macro anda.

Ini contoh beberapa hasil foto macro dengan menggunakan xiaomi redmi 1s :






Selamat Mencoba!!


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Unduh Adobe Flash player

Recent Post

Popular Post

Labels

5G (2) ads (2) AI (2) Blogspot (7) CodeIgniter (1) CyberCrime (6) daihatsu (1) database (9) delphi (6) download (1) ebook (3) entertainment (7) facebook (2) Film (1) firefox (1) flashdisk (1) google (2) islam (5) IT (22) keamanan komputer (9) komputer (31) mediafire (1) microsoft (5) multimedia (5) mysql (1) OpenAI (1) OS (5) pemrograman (3) Photography (1) php (4) phpmysql (1) postgreSQL (2) seo (2) teknologi (24) teknologi hijau (1) Telekomunikasi (6) tips dan trik (27) tokoh islam (4) Umum (16) windows (11) wisata (1)

Followers

Google+ Google+ Follow Twitter Add Facebook RSS FEED email
Diberdayakan oleh Blogger.

-- Copyright © 2016 Beluluk - Powered by Blogger --