Posted by : Nur Rokhman Jumat, 05 Oktober 2012

Untuk membuat sebuah aplikasi, pertama-tama programmer harus menciptakan sebuahproject, berikut ini akan disajikan contoh pembuatan sebuah project. Prosedur awal yang dapatdilakukan untuk membuat sebuah project adalah :1. Pilih menu File - New - Application sehingga pada lembar kerja Delphi akan tampaksebuah form kosong.2. Simpan rancangan project aplikasi yang masih kosong tersebut dengan perintahFile   Save All sehingga tampil kotak dialog Save Unit1 As. Pada bagian ini yangperlu diperhatikan bahwa direktori penyimpanan file harus diubah pada bagian Save in.Selanjutnya masukkan nama unit pada bagian File Name dengan catatan nama unit tidakboleh sama dengan nama Form Designer, kemudian klik Save.Kotak dialog berikutnya yang akan muncul adalah kotak dialog Save Project1 As. Kotakdialog ini digunakan untuk menentukan nama file Project yang diinginkan.Setelah file Unit dan Project disimpan, maka delphi akan membentuk file-file dengan ekstensiberikut ini :

• .dpr -> file Project yang berisi program utama dari aplikasi.• .pas -> file Unit yang digunakan untuk menangani kejadian (event) pada form.• .dfm -> file Form yang berisi daftar komponen berikut properti-propertinya.• .res -> file Resources yang berisi sebuh icon yang digunakan oleh project.• .dof -> file Options merupakan file yang berisi option-option dari suatu project yangdinyatakan melalui perintah Options dari menu Project.• .dcu -> file Unit Object merupakan file unit (.pas) yang telah dikompilasi oleh compileryang akan dihubungkan dengan file eksekusi.• .exe -> file Executable yang dibentuk oleh kompiler dan merupakan file eksekusi(executable) dari program aplikasi.3. Setelah project dan unit disimpan, jalankan program dengan cara memilih menu Run  Run,atau klik tombol run , atau tekan tombol F9. Untuk menghentikan project klik tanda silangyang terdapat pada pojok kanan atas atau menggunakan perintah Application.Terminatepada Program.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Unduh Adobe Flash player

Recent Post

Popular Post

Labels

5G (2) ads (2) AI (2) Blogspot (7) CodeIgniter (1) CyberCrime (6) daihatsu (1) database (9) delphi (6) download (1) ebook (3) entertainment (7) facebook (2) Film (1) firefox (1) flashdisk (1) google (2) islam (5) IT (22) keamanan komputer (9) komputer (31) mediafire (1) microsoft (5) multimedia (5) mysql (1) OpenAI (1) OS (5) pemrograman (3) Photography (1) php (4) phpmysql (1) postgreSQL (2) seo (2) teknologi (24) teknologi hijau (1) Telekomunikasi (6) tips dan trik (27) tokoh islam (4) Umum (16) windows (11) wisata (1)

Followers

Google+ Google+ Follow Twitter Add Facebook RSS FEED email
Diberdayakan oleh Blogger.

-- Copyright © 2016 Beluluk - Powered by Blogger --