Manipulasi Registry Windows
Berbeda dengan OS Linux yang tidak menggunakan Registry, Widows menggunakan Registry sebagai “Pusatnya” Windows. Manipulasi Registry Windows, harus dikenal dahulu letak Registry pada Windows. Registry Windows terletak di C:\Windows\system32\reg.r dan windows mempunyai tool untuk mengeditnya yang bernama regedit di directory. Delphi mempunyai Unit Registry yang dapat digunakan untuk menulis, mengganti, menghapus registry-registry Windows, dengan delphi dan sedikit pengetahuan tentang registry kita bisa melakukannya. Misalnya: *Mendisable TaskManager* {tambahkan Registry pada klause uses}
Procedure TForm1.Form.Create(Sender:TObject);
var
reg:Registry;
Begin
reg:=TRegistry.Create;
Try
reg.RootKey:=HKEY_CURRENT_USER;
reg.OpenKey(‘\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System’,true);
reg.WriteInteger(‘DisableTaskMgr’,1);
reg1.CloseKey;
Finally
reg.free;
end;
end;
Procedure TForm1.Form.Create(Sender:TObject);
var
reg:Registry;
Begin
reg:=TRegistry.Create;
Try
reg.RootKey:=HKEY_CURRENT_USER;
reg.OpenKey(‘\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System’,true);
reg.WriteInteger(‘DisableTaskMgr’,1);
reg1.CloseKey;
Finally
reg.free;
end;
end;
JENIS-JENIS PEMODELAN PENGEMBANGAN SISTEM
Daur Hidup Perangkat Lunak
Dalam membangun perangkat lunak diperlukan sebuah cara atau metodologi yang dijadikan sebagai panduan untuk mendapatkan perangkat lunak yang diharapkan.
Metodologi yang dapat digunakan antara lain :
1. Waterfall Method
System Engineering :
Menetapkan segala hal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek
Analisis :
Menganalisis hal-hal yang diperlukan untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak

Gambar 1.1. Waterfall method
Analisis :
Menganalisis hal-hal yang diperlukan untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak
Design :
Tahap penerjemahan dari keperluan atau data yang telah dianalisis ke dalam bentuk yang mudah dimengerti oleh programmer . Tiga atribut yang penting dalam proses perancangan yaitu : struktur data, arsitektur perangkat lunak dan prosedur rinci / algoritma.
Dalam membangun perangkat lunak diperlukan sebuah cara atau metodologi yang dijadikan sebagai panduan untuk mendapatkan perangkat lunak yang diharapkan.
Metodologi yang dapat digunakan antara lain :
1. Waterfall Method
System Engineering :
Menetapkan segala hal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek
Analisis :
Menganalisis hal-hal yang diperlukan untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak

Gambar 1.1. Waterfall method
Analisis :
Menganalisis hal-hal yang diperlukan untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak
Design :
Tahap penerjemahan dari keperluan atau data yang telah dianalisis ke dalam bentuk yang mudah dimengerti oleh programmer . Tiga atribut yang penting dalam proses perancangan yaitu : struktur data, arsitektur perangkat lunak dan prosedur rinci / algoritma.
METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM
APAKAH METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM ITU ?
Metodologi pengembangan sistem adalah langkah-langkah yang dilalui oleh
analis sistem dalam mengembangkan sistem informasi.
Pengembangan sistem akuntansi dilaksanakan melalui tiga tahap utama yaitu:
1. Analisis sistem (system analysis)
2. Desain sistem (system design)
3. Implementasi sistem (system implementation).
Dalam setiap tahap pengembangan sistem terebut, analis sistem menghasilkan dokumen tertulis yang menyajikan rencana pekerjaan yang akan dilaksanakan dalam pengembangan sistem atau hasil pekerjaan pelaksanaan tahap pengembangan sistem
1. ANALIS SISTEM
Analis sistem adalah seorang yang ahli yang mampu menyajikan berbagai alternatif desain sistem informasi yang memungkinkan pemakai informasi memilih antara berbagai desain yang ditawarkan oleh analis sistem.
Analisis sistem dapat dibagi menjadi empat tahap:
a). Analisis pendahuluan (preliminary analysis).
Dalam analisis pendahuluan sistem ini, analisis sistem mengumpulkan informasi untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai perusahaan kliennya. Untuk ini analis sistem membuat work sheet atau check sheet untuk mengumpulkan informasi yang dikumpulkan dalam analisis pendahuluan tersebut.
b). Penyusunan usulan pelaksanaan analisis sistem
Pelaksanaan analisis sistem direncanakan oleh analis sistem dalam suatu dokumen tertulis yang disebut “Usulan pelaksanaan analisis sistem.”.
Digunakan untuk mempertemukan pikiran pemakai informasi dengan analis sistem mengenai pekerjaan pengembangan sistem akuntansi yang akan dilaksanakan oleh analis sistem untuk memenuhi kebutuhan pemakai informasi.
Metodologi pengembangan sistem adalah langkah-langkah yang dilalui oleh
analis sistem dalam mengembangkan sistem informasi.
Pengembangan sistem akuntansi dilaksanakan melalui tiga tahap utama yaitu:
1. Analisis sistem (system analysis)
2. Desain sistem (system design)
3. Implementasi sistem (system implementation).
Dalam setiap tahap pengembangan sistem terebut, analis sistem menghasilkan dokumen tertulis yang menyajikan rencana pekerjaan yang akan dilaksanakan dalam pengembangan sistem atau hasil pekerjaan pelaksanaan tahap pengembangan sistem
1. ANALIS SISTEM
Analis sistem adalah seorang yang ahli yang mampu menyajikan berbagai alternatif desain sistem informasi yang memungkinkan pemakai informasi memilih antara berbagai desain yang ditawarkan oleh analis sistem.
Analisis sistem dapat dibagi menjadi empat tahap:
a). Analisis pendahuluan (preliminary analysis).
Dalam analisis pendahuluan sistem ini, analisis sistem mengumpulkan informasi untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai perusahaan kliennya. Untuk ini analis sistem membuat work sheet atau check sheet untuk mengumpulkan informasi yang dikumpulkan dalam analisis pendahuluan tersebut.
b). Penyusunan usulan pelaksanaan analisis sistem
Pelaksanaan analisis sistem direncanakan oleh analis sistem dalam suatu dokumen tertulis yang disebut “Usulan pelaksanaan analisis sistem.”.
Digunakan untuk mempertemukan pikiran pemakai informasi dengan analis sistem mengenai pekerjaan pengembangan sistem akuntansi yang akan dilaksanakan oleh analis sistem untuk memenuhi kebutuhan pemakai informasi.
Memahami pembuatan kode program delphi
• Kode program yang di diketikkan umumnya berguna untuk memberikan reaksi atas event tertentu dari suatu komponen.
Contoh :
Kode program di Event OnClick pada komponen Button1 akan dilaksanakan hanya saat tombol Button1 di-click.
• Untuk memilih event apa yang akan diberi kode program pada sebuah komponen dapat dipilih dari Object Inspector
• Untuk itu perlu dipahami bagaimana cara menentukan kode program tersebut.
Perintah yang sering digunakan :
Pengertian DFD dan ERD
Pengertian DFDData flow Diagram (DFD) adalah diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari sistem. DFD sering digunakan untuk menggambarkan sustu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir (misalnya lewat telpon, surat, dan sebagainya) atau lingkungan fisik dimana data tersebut akan disimpan (misalnya file kartu, harddisk, tape, diskette, dan lain sebagianya).Simbol-sombol yang digunakan di DFD mewakili maksud tertentu, yaitu:1. External entity (kesatuan Luar) atau boundary (batas sistem)Setiap sistem pasti memiliki batas sistem (boundary) yang memisahkan suatu sistem dengan lingkungan luarnya. Kesatuan luar (external entity) merupakan kesatuan di lingkungan luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainya yang berada di lingkungan luarnya yang memberikan input atau menerima output dari sistem.atau2. Data flow (arus data)Arus data di DFD diberi simbol panah. Arus data ini mengalir diantara proses, simpanan, dan kesatuan luar.3. Process (proses)
Menginstal Komponen QuickReport Di Delphi7
Untuk menginstal Komponen QuickReport pada delphi 7, caranya kaya gini neh?
- Buka Delphi7 Anda
- Masuk menu component dan pilih install packages
- Tambahkan komponen baru dengan memilih add
- Setelah itu cari fiel dclqrt70.bpl
- Buka Delphi7 Anda
- Masuk menu component dan pilih install packages
- Tambahkan komponen baru dengan memilih add
- Setelah itu cari fiel dclqrt70.bpl
Percabangan dan Perulangan pada delphi
Dalam Delphi terdapat beberapa percabangan yaitu :
1.If
2. case
kita bahas yang if terlebih dahulu..
bentuk umum :
if <kondisi> then
<pernyataan>
untuk percabangan if ada 2 jenis, yaitu : if dengan 1 pernyataan dan if lebih dari 1 pernyataan. if dengan 1 pernyataan.
bentuk umum :
if <kondisi> then
<pernyataan>
else
if <kondisi> then
<pernyataan>
else
<pernyataan>
1.If
2. case
kita bahas yang if terlebih dahulu..
bentuk umum :
if <kondisi> then
<pernyataan>
untuk percabangan if ada 2 jenis, yaitu : if dengan 1 pernyataan dan if lebih dari 1 pernyataan. if dengan 1 pernyataan.
bentuk umum :
if <kondisi> then
<pernyataan>
else
if <kondisi> then
<pernyataan>
else
<pernyataan>