- Back to Home »
- IT , keamanan komputer , komputer , multimedia , teknologi , tips dan trik , Umum »
- E- Commerce sebagai "mekanisme bisnis secara elektronik"
Posted by : Nur Rokhman
Rabu, 05 Oktober 2016
E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan,
pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Menurut Amir Hartman dalam bukunya "Net- Ready" (Hartman, 2000) secara lebih terperinci lagi mendefinisikan E- Commerce sebagai "suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B- to- B) maupun antar institusi dan konsumen langsung (B- to- C )".
E- Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut:
4 (empat) jenis relasi dalam dunia bisnis yang biasa dijalin oleh sebuah perusahaan (Fingar, 2000):
Empat Tipe Aplikasi Electronic Commerce
E- Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Terjadinya transaksi antara dua belah pihak;
- Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi; dan
- Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.
4 (empat) jenis relasi dalam dunia bisnis yang biasa dijalin oleh sebuah perusahaan (Fingar, 2000):
- Relasi dengan pemasok (supplier);
- Relasi dengan distributor;
- Relasi dengan rekanan (partner); dan
- Relasi dengan konsumen (customer).
Empat Tipe Aplikasi Electronic Commerce
- I- Market
Internet Market (I- Market) didefinisikan sebagai suatu tempat atau arena di dunia maya dimana calon pembeli dan penjual saling bertemu untuk melakukan transaksi secara elektronis melalui medium internet. Dari definisi tersebut terlihat bahwa tipe bisnis yang terjadi adalah B- to- C karena sebagai penjual produk atau jasa, perusahaan berusaha menghubungkan dirinya dengan I- Market yang notabene merupakan komunitas para pengguna internet yang ada di seluruh dunia. Prinsip yang dipegang dalam tipe ini adalah perusahaan menyediakan berbagai informasi lengkap mengenai seluruh produk atau jasa yang ditawarkan melalui internet, dengan harapan bahwa ada calon pelanggan yang pada akhirnya melakukan pemesanan atau pembelian terhadap produk atau jasa tersebut (order).
Proses generik yang biasa dilakukan dalam supply chain adalah: pengadaan bahan mentah, penyimpanan bahan mentah, produksi atau operasi bahan mentah menjadi bahan baku/jadi, penyimpanan bahan baku/jadi, distribusi, pemasaran dan penjualan, serta pelayanan purna jual.
Kunci dari kerja sama ini adalah untuk menciptakan suatu produk atau jasa yang lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dari yang ditawarkan para kompetitor
- Customer Care
- Vendors Management
- Extended Supply Chain
Proses generik yang biasa dilakukan dalam supply chain adalah: pengadaan bahan mentah, penyimpanan bahan mentah, produksi atau operasi bahan mentah menjadi bahan baku/jadi, penyimpanan bahan baku/jadi, distribusi, pemasaran dan penjualan, serta pelayanan purna jual.
Kunci dari kerja sama ini adalah untuk menciptakan suatu produk atau jasa yang lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dari yang ditawarkan para kompetitor